Tugas Pengolahan Citra

IMAGE PROCESSING



Nama :
- Nulykanti Giatrias Hutami (50407630)

- Aldy Yossa Herdianto (50407078)


Kelas : 4 IA 05



Pada mata kuliah Pengolahan Citra kali ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat Image Processing dengan menggunakan software apa saja. Di sini kami menggunakan software Delphi 7 untuk pembuatan program Image Processing. Kami akan membuat Image Processing dengan metode Sobel, Treatment, Grayscale, dan Invert.



Source Code :



Output :



Masukkan Gambar :



Sobel


Algortima Sobel digunakan untuk mendeteksi tepi. Tepi (Edge) Adalah perubahan nilai intensitas derajat keabuan yang cepat atau tiba-tiba (besar) dan dalam jarak yang singkat.

Deteksi tepi (Edge Detection) pada suatu citra adalah suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari obyek-obyek citra, tujuannya adalah :
• Untuk menandai bagian yang menjadi detail citra.
• Untuk memperbaiki detail dari citra yang kabur, yang terjadi karena error atau adanya efek dari proses akuisisi citra.

Suatu titik (x,y) dikatakan sebagai tepi (edge) dari suatu citra bila titik tersebut mempunyai perbedaan yang tinggi dengan tetangganya.

Metode Sobel merupakan pengembangan metode robert dengan menggunakan filter HPF yang diberi satu angka nol penyangga. Metode ini mengambil prinsip dari fungsi laplacian dan gaussian yang dikenal sebagai fungsi untuk membangkitkan HPF. Kelebihan dari metode sobel ini adalah kemampuan untuk mengurangi noise sebelum melakukan perhitungan deteksi tepi.

Sedangkan pada operator turunan kedua terdapat metode laplacian.


Operator Sobel

Tinjau pengaturan pixel di sekitar pixel (x,y) :
Operator Sobel adalah magnitudo dari gradien yang dihitung dengan :
yang dalam hal ini, turunan parsial dihitung dengan :
dengan konstanta c = 2. Dalam bentuk mask, sx dan sy dapat dinyatakan sebagai :

Arah tepi dihitung dengan persamaan :
Contoh berikut ini memperlihatkan deteksi tepi dengan operator Sobel. Konvolusi pertama dilakukan terhadap pixel yang bernilai 1 (di titik pusat mask) :

Nilai 18 pada citra hasil konvolusi diperoleh dengan perhitungan berikut :
Nilai diatas dihampiri dengan menhitung :
Di bawah ini contoh lain deteksi tepi dengan operator Sobel, di mana hasil konvolusi diambangkan dengan T = 12.


Output Sobel :



Treatment

Teknik treament adalah dengan menyeleksi area frekuensi kontras tinggi yang muncul dengan sistem pengolahan citra sebagai daerah yang tidak diinginkan dan kemudian dieliminasi sehingga memungkinkan masing-masing piksel dalam gambar termasuk pixel di tepi gambar timbul noise. Setiap pengaruh lingkungan yang timbul dari piksel dekat tepi gambar tersebut tereliminasi karena piksel tepi muncul sebagai noise yang dieliminasi. Munculnya noise karena pergantian frekuensi tinggi yang kontras daerah yang diproses sebagai noise.


Output Treatment :



Grayscale

Grayscale merupakan skala keabu-abuan. Suatu istilah untuk menyebutkan satu citra yang memiliki warna abu-abu, hitam, dan putih. Grayscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan. merupakan derajat keabu-abuan yang membagi masing-masing nilai dari intensitas RGB kemudian dicari rata-rata. Grayscale biasanya format yang lebih disukai untuk pengolahan citra. Dalam kasus yang membutuhkan warna, gambar warna RGB dapat decompose dan ditangani sebagai tiga gambar grayscale terpisah. Indexed gambar harus dikonversi ke grayscale atau RGB untuk kebanyakan operasi.


Output Grayscale :



Invert

Efek Invert color adalah efek untuk membalikan warna sehingga dengan efek ini sebuah gambar berwarna akan menjadi seperti gambar klise. Invert Image merupakan suatu gambar yang terjadi adanya proses invert pada gambar asli sehingga tampak seperti gambar negative pada suatu susunan warna RGB. Proses invert ini berbeda dengan Image Negative.


Output Invert
:





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tugas Pengolahan Citra"