Tutorial Membuat Batu Susun ala Jepang Menggunakan 3D MAX

Dalam tutorial ini kita akan membuat batu susun ala jepang berbentuk 3D dalam 3ds Max. Kita akan membuat model batu kerikil gelap mengkilap dan membuat tumpukan seimbang dari mereka. Ini adalah tutorial sederhana di mana penekanan pada pencahayaan dan material. Pada tutorial ini menggunakan 3ds Max 2011 tetapi beberapa versi lama bisa bekerja juga.


Langkah 1. Mental Ray Renderer
Kita akan membuat gambar dengan Mental Ray. Dengan 3ds Max default menggunakan renderer Scanline jadi kita harus mengubah itu. Rubah renderer ke Mental Ray ( Rendering > Render Setup… > Common tab > Assign Renderer > Production > mental ray Renderer ).


Langkah 2. 3D Stones
Buat lima geospheres ( Create panel > Geometry > Standard Primitives > GeoSphere ) di atas viewport. Modifikasikan geospheres nya ( Make a selection > Modify panel ) menurut parameter berikut :
  • GeoSphere001
    • Radius: 58
    • Segments: 12
    • Geodesic Base Type: Octa
  • GeoSphere002
    • Radius: 44
    • Segments: 12
    • Geodesic Base Type: Octa
  • GeoSphere003
    • Radius: 30
    • Segments: 12
    • Geodesic Base Type: Octa
  • GeoSphere004
    • Radius: 38
    • Segments: 12
    • Geodesic Base Type: Octa
  • GeoSphere005
    • Radius: 14
    • Segments: 12
    • Geodesic Base Type: Octa

Langkah 3. Scaling Stones

Pergi ke skala viewport depan dan batu-batu ( Make a selection > Main toolbar > Select and Uniform Scale ) untuk sumbu y disesuaikan dengan nilai-nilai di bawah ini. (Sementara alat skala diaktifkan, Klik dan tarik dari sumbu Y dari transform gizmo untuk skala objek pada sumbu Y. Sementara scaling, Anda dapat melihat% scaling di dasar layar.).
  • GeoSphere001: 21
  • GeoSphere002: 46
  • GeoSphere003: 59
  • GeoSphere004: 15
  • GeoSphere005: no need to scale this one
Anda tidak perlu untuk menciptakan jenis yang sama persis batu. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menjadi kreatif.


Langkah 4. Berdeformasi dengan Noise Modifier
Tambahkan Noise Modifier, satu per satu untuk masing-masing batu kecuali yang pertama (Buatlah pilihan> Ubah panel> Modifier List> Obyek-Space Pengubah> Noise). Dengan mengklik kanan Anda dapat menyalin dan menyisipkan pengubah. Menerapkan parameter berikut (Buatlah pilihan> panel Modify) ke Noise Modifier.
  • GeoSphere002
    • Noise
      • Seed: 11
      • Scale: 690
      • Fractal: YES
    • Strength
      • X: 40
      • Y: 40
      • Z: 40
  • GeoSphere003
    • Noise
      • Seed: 11
      • Scale: 700
      • Fractal: YES
    • Strength
      • X: 60
      • Y: 60
      • Z: 60
  • GeoSphere004
    • Noise
      • Seed: 6
      • Scale: 750
      • Fractal: YES
    • Strength
      • X: 40
      • Y: 40
      • Z: 40
  • GeoSphere005
    • Noise
      • Seed: 6
      • Scale: 560
      • Fractal: YES
    • Strength
      • X: 60
      • Y: 60
      • Z: 60
(Jika Anda memerlukan segmen lebih saya sarankan Anda menambahkan TurboSmooth atas Kebisingan bukan meningkatkan nilai segmen. Metode ini menghasilkan permukaan halus.)

Langkah 5. Pile Batu Japanese 3d

Buat menyeimbangkan tumpukan batu di atas satu sama lain. Ini adalah susunan batu khas terlihat pada foto zen-seperti banyak dan ilustrasi. Pindah dan memutar batu seperti yang dikehendaki.


Langkah 6. The Water Around the Stones
Selanjutnya kita akan membuat permukaan air dan beberapa riak sekitar kerikil untuk membuat pemandangan lebih menarik. Membuat Plane (Buat panel> Geometry> Standard Primitives> Plane) di atas viewport. Memodifikasi Plane (Buat pilihan> panel Modify) menurut parameter berikut :
  • Length: 10000
  • Width: 10000
  • Length Segs: 20
  • Width Segs: 20
Tambahkan Edit Poli pengubah terhadap bidang (Buat pilihan> Ubah panel> Modifier List> Obyek-Space Pengubah> Edit Poli) dan aktifkan Polygon tingkat sub-objek. Pilih salah satu polygon kira-kira di tengah pesawat dan menghapusnya (Tekan menghapus di keyboard). Menonaktifkan Polygon tingkat sub-objek.


Langkah 7. The Ripples Around the Stone
Sekarang kita akan menciptakan mesh padat untuk efek riak. Buat Plane (Buat panel> Geometry> Standard Primitives> Plane) di viewport atas dan menerapkan parameter berikut (Buatlah pilihan> panel Modify) :
  • Length: 500
  • Width: 500
  • Length Segs: 130
  • Width Segs: 130
Tempatkan pesawat baru ke dalam lubang pesawat besar. Tambahkan pengubah TurboSmooth (Buatlah pilihan> Ubah panel> Modifier List> Obyek-Space Pengubah> TurboSmooth) dan kemudian pengubah Ripple itu (Buat pilihan> Ubah panel> Modifier List> Obyek-Space Pengubah> Ripple). Pergi ke memodifikasi panel dan menerapkan parameter berikut pengubah Ripple :
  • Amplitude 1: 2
  • Amplitude 2: 2
  • Wave Length: 25
  • Decay: 0,02
Tips : Jika Anda perlu lebih banyak poligon objek Anda Anda hanya dapat meningkatkan nilai iterasi dalam pengubah Turbosmooth.


Langkah 8. Prepare the Scene for Rendering
Mari kita mempersiapkan adegan untuk rendering:
  1. Tempatkan kerikil ke tengah riak.
  2. Membuat kamera Target (Buat panel> Kamera> Target) di atas viewport. Klik kanan pada tampilan Perspektif dan C pers di keyboard untuk mengubahnya ke tampilan Kamera.
  3. Pindahkan kerikil dan kamera di sekitar untuk mendapatkan sesuatu seperti gambar di bawah ini.
Hit membuat (Utama toolbar> Render Produksi) dan Anda akan melihat sesuatu seperti gambar di bawah.


Warna dari objek tidak penting karena kita akan membuat bahan-bahan untuk mereka.

Langkah 9. Material for the 3D Zen Stones
Tekan M pada keyboard untuk membuka Bahan Editor (Rendering> Bahan Editor> Compact Bahan Editor) dan membuat bahan untuk batu :
  1. Klik 'tombol Dapatkan Bahan' dan pilih (DoubleClick) 'Arch & Design (mi)' dari daftar bahan.
  2. Pilih semua batu-batu dan menetapkan materi kepada mereka.
  3. Reflektifitas: 0,6
  4. Kilau: 0,1 (refleksi sangat kabur)
  5. Glossy Contoh: 16 (kualitas refleksi kabur)
  6. Tambahkan 'Komposit' sebagai peta baur warna (peta komposit merupakan wadah yang memungkinkan Anda menggabungkan beberapa peta sebagai lapisan)
  7. Tambahkan peta Asap ke lapisan pertama dari Peta Komposit (detail berskala besar) Ukuran: 40 # Iterasi: 20. Warna # 1: hitam (RGB 0, 0, 0). Warna # 2: abu-abu gelap (RGB 15, 15, 15)
  8. Tambahkan lapisan kedua ke peta Komposit. Ubah blending mode pada lapisan kedua Penambahan. Tambahkan peta Speckle ke lapisan kedua (detail skala kecil) Ukuran: 0,2 Warna # 1: abu-abu gelap (RGB 10, 10, 10). Warna # 2: hitam (RGB 0, 0, 0)

Langkah 10. Water Material
Pilih slot baru dalam Editor Bahan dan membuat material air :
  1. Klik 'tombol Dapatkan Bahan' dan pilih (DoubleClick) 'Arch & Design (mi)' dari daftar.
  2. Pilih pesawat air baik dan memberikan materi kepada mereka.
  3. Pilih template dari daftar drop-down: Air, Reflective Permukaan.
  4. Turn off Bump peta (kami akan membuat air yang tenang hanya dengan efek riak sehingga kita tidak memerlukan gelombang tambahan).
Sekarang bahan siap. Namun, tak ada gunanya dalam memberikan lokasi sekarang karena segala yang kita miliki hampir hitam. Mari kita ciptakan lingkungan pencahayaan dan pertama.

Langkah 11. Illumination and Environment
Kita akan menerangi adegan dengan sistem Daylight dan menggunakan langit fisik Mental Ray sebagai peta lingkungan. Daylight adalah sistem yang meniru matahari dunia nyata. Buat sistem Daylight (Buat panel> Sistem> Siang hari) di atas viewport. Sebuah dialog baru muncul. 3ds Max menyarankan bahwa Anda menggunakan mr Fotografi Exposure Control dengan EV = 15. Cukup klik YA. (Jika dialog tidak muncul, menerapkan pengaturan secara manual (Rendering> Eksposur Control)). Pilih siang hari, pergi ke memodifikasi panel, dan menerapkan parameter berikut :

- Daylight Parameters :
  • Sunlight: mr Sun
  • Skylight: mr Sky(A new dialog appears. 3ds Max suggests that you use mr Physical Sky. Just click YES. If the dialog doesn’t appear, apply the setting manually ( Rendering > Environment… > Common Parameters > Background > Environment Map ))
  • Position: Manual ( this setting allows us to place the sun manually, instead of using a real world location and time )
Tempat siang hari sesuai dengan gambar di bawah ini.


Render adegan Anda untuk melihat sesuatu seperti gambar di bawah ini.


Mari kita periksa zen render 3d kami untuk sementara waktu. Ada beberapa masalah yang perlu ditangani.

* Gambar keseluruhan sangat gelap
* Tanah Beberapa dapat dilihat di cakrawala
* Warna kebiruan tidak menarik

(Catatan bahwa ini adalah observasi artistik dan selera Anda mungkin berbeda Jangan ragu. Untuk bereksperimen.)

Langkah 12. Tuning the Settings for Better Impact
Pilih Daylight, pergi ke memodifikasi panel, dan menerapkan parameter berikut :
  • mr Sun Basic Parameters
    • Multiplier: 10 ( really strong sunlight )
    • Shadows
      • Softness: 20 ( softens the edges of the shadows )
  • mr Sky Parameters
    • Multiplier: 5 ( brightens the sky )
  • my Sky Advanced Parameters
    • Horizon
      • Height: -0,1 ( lowers the horizon )
Render adegan untuk melihat dampak dari penyesuaian.
Melihat dari dekat dan Anda akan melihat variasi warna dalam batu. peta Asap menghasilkan variasi skala besar dan peta Speckle menghasilkan variasi skala kecil.
Secara pribadi saya berpikir bahwa gambar hitam dan putih bekerja lebih baik dalam kasus ini. Mari kita pergi ke mr Photographic Exposure Control pengaturan (Rendering> Exposure Control> mr Fotografi Eksposur Control) untuk membuat gambar hitam dan putih :


Image Control
  • Color Saturation: 0 ( saturation of the colors of the whole image )
Render adegan Anda untuk melihat gambar dalam warna hitam dan putih.


Langkah 13. Render the Final Japanese 3d Zen Image
Jika Anda melihat dekat Anda akan melihat beberapa tepi bergerigi. Mari kita menyesuaikan pengaturan sampling untuk mendapatkan render lebih halus. Buka setup membuat dan meningkatkan kualitas antialiasing dengan meningkatkan nilai-nilai sampling Mental Ray (Rendering> Render setup ...> Renderer> Sampling Kualitas) :
  • Samples per pixel
    • Minimum: 4
    • Maximum: 64
  • Filter
    • Type: Mitchell ( For most scenes the Mitchell filter gives the best results. )
Render gambar dan Anda sudah selesai!! :D






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tutorial Membuat Batu Susun ala Jepang Menggunakan 3D MAX"